Langsung ke konten utama

Menjadi orang yang berpengaruh



Filipi 2:14-15 (TB)  Lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan,  supaya kamu tiada beraib dan tiada bernoda, sebagai anak-anak Allah yang tidak bercela di tengah-tengah angkatan yang bengkok hatinya dan yang sesat ini, sehingga kamu bercahaya di antara mereka seperti bintang-bintang di dunia,

Dilayani oleh Ps. Sidney Mohede. Masih bicara tentang influence.

Setiap dari kita membawa oengaruh kepada orang lain. Besar kecil, baik atau buruk setiap kita memiliki pengaruh.


Matius 5:13-14 (TB)  "Kamu adalah garam dunia. Jika garam itu menjadi tawar, dengan apakah ia diasinkan? Tidak ada lagi gunanya selain dibuang dan diinjak orang. Kamu adalah terang dunia. Kota yang terletak di atas gunung tidak mungkin tersembunyi.


Kita sudah menjadi garam bukan hendak menjadi garam. Pun dengan terang,  sudah menjadi terang bukan hendak menjadi terang.


Matius 5:16 (TB)  Demikianlah hendaknya terangmu bercahaya di depan orang, supaya mereka melihat perbuatanmu yang baik dan memuliakan Bapamu yang di sorga."

Perbuatan kita yang baik sehingga orang lain memuji Bapa yang disurga.

Bukan "jangan lihat saya tapi lihat Bapa yang disurga,"  rohani sich tapi jika tidak melalui kita siapa lagi yang menjadi terang.

Inspire to Change 

Influence is the ability to cause the change,

Seringkali kita berfikir pengaruh sama dengan terkenal. Hanya orang terkrenal yang memiliki pengaruh. Dan ini tidak semuanya benar. Kita semua memiliki pengaruh, orang tua kita, kakak dan adik adalah contih orang yang tidak terkenal tapi berpengaruh kedalam kehidupan kita. Sementara ada banyak orang terkenal yang memikiki pengaruh negatif kedalam kehidupan kita.

Sebuah penelitian mengatakan orang atau perusahaan yang memiliki pengaruh adalah orang atau perusahaan yang mengerti sebuah tujuan hidup.

What you do makes a difference but you have to decide what kind of diference you want to make 

If you want a different result make a different choices.

Mengerti sebuah tujuan adalah penting bahkan  sangat penting.

Apa yang membuat tidak melakukan ini semua? Seringnya kita berfikir kita tidak memiliki apa-apa untuk dunia.

Faktanya kita adalah terang dan garam, sudah asin dan sudah terang. Dunia merasakan kebaikan Tuhan melalui kita. 

Jika kita berfikir bahwa kita terlalu kecil untuk membuat sebuah perbedaan maka cobalah tidur dengan ditemani seekor nyamuk.

Seekor nyamuk yang kecil akan membuat perbedaan pada saat istirahat kita.

Yesaya 41:10 (TB)  janganlah takut, sebab Aku menyertai engkau, janganlah bimbang, sebab Aku ini Allahmu; Aku akan meneguhkan, bahkan akan menolong engkau; Aku akan memegang engkau dengan tangan kanan-Ku yang membawa kemenangan.

Ini adalah waktu kita untuk memiliki pengaruh, membawa sebuah perubahan. Stop berkata bahwa kita kecil, kita tidak mampu dan lain sebagainya.

Mungkin kita kecil dan tidak memiliki apa-apa. Satu hal, kita punya TUHAN yang Besar.


Prinsip menjadi influencer.
1. Untuk memiliki pengaruh engkau harus menjadi otentik. Antara perkataan, pikiran dan tindakan sejalan, maka itu dinamakan otentik. Konsistensi ini yang sangat sulit.


Seringkali kita sebagai orang gereja tidak konsisten dengan ucapan kita tidak kosnisten dengan pujian kita.

2. You cannot make youself influential. Influence adalah pada saat melakukan sesuatu mendapatkan nilai bagi kehidupan orang lain. Pada saat kita memberikan pengaruh kepada  orang lain pada saat itu  kita menjadi lebih berpengaruh. (baca : pengaruh bisa diartikan dengan  pertolongan)



Jika kita hendak menjadi orang berpengaruh yang otentik. Yang dibutuhkan hanya sekedar memberikan pengaruh kita kepada orang lain.

Tidak perlu merubah orang menjadi kristen untuk merasakan kebaikan kita. Cukup dengan kehadiran kita mereka merasakan Tuhan.


1 Petrus 2:12 (TB)  Milikilah cara hidup yang baik di tengah-tengah bangsa-bangsa bukan Yahudi, supaya apabila mereka memfitnah kamu sebagai orang durjana, mereka dapat melihatnya dari perbuatan-perbuatanmu yang baik dan memuliakan Allah pada hari Ia melawat mereka.

To influence someone life you don't have to rich, beautiful or perfect. You have to do is to give.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup yang berpengaruh.

    Setelah beberapa waktu lalu menikmati pertunjukkan musikal BUN dari JPCC , kembali minggu ini berkesempatan kebaktian di JPCC Annex Room, Niko.   Pembukaan langsung diberikan ayat 1 Timotius 4:12 (TB)  Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Minggu ini dilayani langsung oleh Ps. Jose Carol. Pengaruh adalah memiliki kemampuan atau kuasa yang bisa mempengaruhi perilaku atau pendapat orang lain. Jadi hidup ada hanya 2 pilihan, dipengaruhi atau mempengaruhi. Orang yang berpengaruh biasanya memiliki jabatan tinggi, temuan penting, atau adalah sesuatu yang membuat seseorang berbeda dari yang lain. Pengaruh itu harus memiliki indeks dampak pengaruh. 1. Change, dampak dari pengaruh yang menyebabkan seseorang terpengaruh dan berubah 2. Teritori, dampak dari perubahan lintas wilayah. 3. Berapa lama penga

Masih tentang Reimagine. (Ps. Jose Carol)

Ps. Jose Carol  Pengkhotbah 1:9 (TB)  Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari. Kejadian 18:11-14 (TB)  Adapun Abraham dan Sara telah tua dan lanjut umurnya dan Sara telah mati haid. Jadi tertawalah Sara dalam hatinya, katanya: "Akan berahikah aku, setelah aku sudah layu, sedangkan tuanku sudah tua?" Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Abraham: "Mengapakah Sara tertawa dan berkata: Sungguhkah aku akan melahirkan anak, sedangkan aku telah tua? Adakah sesuatu apa pun yang mustahil untuk TUHAN? Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki."  Adakah sesuatu yang mustahil bagi Tuhan. Kondisi Abraham dan Sara  pada sat itu dalam suatu keadaan yang mustahil.  Tahun 2018 adakah sesuatu yang mustahil bagi mimpi dan cita-cita mu, karir dan pekerjaan?

Hidup yang berpengaruh by Alvi Radjagukguk

Alvi Radja Gukguk Kebaktian JPCC di Annex Building setiap minggunya bertambah ramai. Mungkin ini akibat dari jemaat yang tidak tertampung kebaktian di Kota Kasablanka.  Dan Beruntung minggu ini dilayani oleh Ps. Alvi Radjaguguk. Pastinya dalam sesi pengajaran beliau diselingi kisah - kisah lucu. berikut pengajarannya hari ini yang saya catat.  Dibuka dengan Amsal 13:9 (TB)  Terang orang benar bercahaya gemilang, sedangkan pelita orang fasik padam.