Langsung ke konten utama

Kenali Pribadi Roh Kudus dan Peka akan Tuntunannya.


Kita dituntut untuk belajar  mengenal pribadi roh kudus dan semakin peka akan tuntunannya.

Kegiatan akhir tahun lanjut ke awal tahun lumayan padat, tapi baru selesai menuliskan peengalaman beberapa maskapai aja. Memang sich pengalaman naik pesawat selalu menyenangkan meskipun sudah beberapa kali, beberapa maskapai yang masuk dalam catatan saya beberapa waktu lalu itu ada maskapai Citilink dan dilanjut dengan Lion Air

Masuk kantor langsung lanjut dengan kegiatan yang ada, pokokonya awal tahun ini lummayan seru, riweuh tapi tetap menyenangkan.

Nah akhirnya baru bisa kembali beribadah normal itu minggu ini di JPCC Kota Kasablanka. Sepertinya setia minggu pertambahan jemaatnya luar biasa, semakin banyak saja yang berkunjung ke JPCC. Semoga ini bukan warning bagi gereja-gereja lokal yang berada disekitarnya.

Ok langsung aja ke catatan yang berhasil saya rangkum untuk ibadah kali ini ya. Untuk pelayanan firman Tuhannya dilayani oleh Ps. Jefrey Rahmat

Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yohanes 14:1-6 (TB)  "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."

Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Kekristenan dimulai ketika mengenal Yesus sebagai jalan keselamatan. Roma 10:9-10 (TB)  Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Ini ayat yang juga  menyatakan kalau mati kita sudah tahu akan kemana tujuannya.

Kekristenan jangan berhenti hanya sebatas mengenal jalan keselamatan (Yesus) itu sendiri.
Tapi kita harus mengenal Yesus juga sebagai kebenaran. Yesus sendiri adalah firman yang menjadi manusia.


Pesannya adalah belajar mengenal Yesus sebagai kebenaran.

Yohanes 8:31-32 (TB)  Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Yesaya 32:17 (TB)  Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya.

Banyak yang hanya berhenti ketika mengenal Yesus sebagai jalan tetapi sedikit yang mengenalnya sebagai kebenaran.

Akibatnya kita sering menjadi orang-orang seperti tokoh Martha di Alkitab bukan sebagai Maria yang duduk memperhatikan Tuhan Yesus.

Sebelum Zaman digital kebanyakan kita membawa Alkitab dalam bentuk buku yang tebal. Sekarang zaman sudah berubah menjadi serba digital menjadi serba mudah.

Tapi tetap saja kan banyak kita yang tidak membacanya meskipun sudah dipermudah. Kalau dulu alasannya alkitab tebal sekarang sudah ringkas, tapi tetap saja. Ini yang namanya tidak mengenal Tuhan sebagai kebenaran hanya sebagai keselammatan.

Amsal 11:19 (TB)  Siapa berpegang pada kebenaran yang sejati, menuju hidup, tetapi siapa mengejar kejahatan, menuju kematian.

Amsal 12:28 (TB)  Di jalan kebenaran terdapat hidup, tetapi jalan kemurta dan menuju maut.

Lanjut dengan pembahasan mengenai Hidup dalam versi kitab.

Lukas 8:14 (TB)  Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.

Matius 16:25 (TB)  Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Setidaknya Ps Jefrey menjelaskan ada 3 tipe Hidup yaitu Bios, Psusche dan Zoe. (bagian ini ngga sempat dicatat, nanti kalau sempat nonton videonya dan ada penjelasannya kita bahas lagi.)

Tema JPCC Sendiri tahun ini adalah Alive. Tidak mau hanya sebatas berhenti dijalan tapi lebih kepada menemukan hidup yang sesungguhnya.

Yohanes 14:16-17 (TB)  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Allah memberikan Roh Kudusnya karena Ia tahu kita manusia butuh pertolongan. Roh kudus sendiri tidak hanya menyertai kita tapi tinggal didalam kita.

Intinya bukan dengan kekuatan kita sendiri mengenal Tuhan. Tapi lebih kepada Tuhan yang mau dikenal oleh kita manusia.

Kita dituntut untuk belajar  mengenal pribadi roh kudus dan semakin peka akan tuntunannya.

Yohanes 6:63 (TB)  Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

Berapa banyak dari kita yang menggunakan ayat alkitab hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Ini perilaku ketika hanya mengenal Tuhan sebagai juruselamat tapi tidak mengenal Tuhan sebagai Kebenaran.

Iblis pandai sekali memplesetkan firman Tuhan.

***
Ok, tahun ini harus lebih mengenal Tuhan sebagai Kebenaran tidak hanya sebagai Jalan Keseleamatan saja.

Lebih mendengar apa yang hendak Roh Kudus sampaikan dan lebih berserah kepada perencanaan dan kerja Tuhan daripada rencana kita pribadi.

Happy sunday. GBU 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semangat Menyambut 2018 (Reimagine By Jusar Badudu)

Yesaya 43:19 (TB)  Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. 
Tahun baru dilayani Ps Jussar Badudu.  Tema yang baru, Alive memperlengkapi di tahun 2017. Pada sepanjang tahun 2018 kita akan belajar Reimagine. 
Reimagine (membayangkan ulang), membayangkan apa yang akan kita alami di 2018. Kenapa perlu membayangkan ulang, kenapa perlu cara baru? Karena hendak mencapai apa yang perlu capai sesuai yang kita rencanakan. 
Sering orang sukses merubah cara agar mencapai kesuksesan berikutnya. Apalagi beberapa dari kita yang belum berhasil. Bayangkan cara-cara baru untuk mencapai apa yang sudah kita rencanakan.

Masih tentang Reimagine. (Ps. Jose Carol)

Pengkhotbah 1:9 (TB)  Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari.
Kejadian 18:11-14 (TB)  Adapun Abraham dan Sara telah tua dan lanjut umurnya dan Sara telah mati haid. Jadi tertawalah Sara dalam hatinya, katanya: "Akan berahikah aku, setelah aku sudah layu, sedangkan tuanku sudah tua?" Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Abraham: "Mengapakah Sara tertawa dan berkata: Sungguhkah aku akan melahirkan anak, sedangkan aku telah tua?Adakah sesuatu apa pun yang mustahil untuk TUHAN? Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki." 
Adakah sesuatu yang mustahil bagi Tuhan. Kondisi Abraham dan Sara  pada sat itu dalam suatu keadaan yang mustahil. 
Tahun 2018 adakah sesuatu yang mustahil bagi mimpi dan cita-cita mu, karir dan pekerjaan?

Hidup yang berpengaruh by Alvi Radjagukguk

Kebaktian JPCC di Annex Building setiap minggunya bertambah ramai. Mungkin ini akibat dari jemaat yang tidak tertampung kebaktian di Kota Kasablanka.  Dan Beruntung minggu ini dilayani oleh Ps. Alvi Radjaguguk. Pastinya dalam sesi pengajaran beliau diselingi kisah - kisah lucu. berikut pengajarannya hari ini yang saya catat.  Dibuka dengan Amsal 13:9 (TB)  Terang orang benar bercahaya gemilang, sedangkan pelita orang fasik padam.