Langsung ke konten utama

Semangat Menyambut 2018 (Reimagine By Jusar Badudu)




Yesaya 43:19 (TB)  Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. 

Tahun baru dilayani Ps Jussar Badudu. 
Tema yang baru, Alive memperlengkapi di tahun 2017. Pada sepanjang tahun 2018 kita akan belajar Reimagine. 

Reimagine (membayangkan ulang), membayangkan apa yang akan kita alami di 2018. Kenapa perlu membayangkan ulang, kenapa perlu cara baru? Karena hendak mencapai apa yang perlu capai sesuai yang kita rencanakan. 

Sering orang sukses merubah cara agar mencapai kesuksesan berikutnya. Apalagi beberapa dari kita yang belum berhasil. Bayangkan cara-cara baru untuk mencapai apa yang sudah kita rencanakan.

Bahkan JPCC sendiri melakukan beberapa perubahan-perubahan untuk mencapai tujuannya. Karena perubahan akan membawa pada dinamika baru. 

Hastag terpopuler  sepanjang pergantian tahun 2017-2018 
#jadilebihkurus #byebyejomblo (berharap Tuhan menurunkan seseorang) #resolusi2017yangbelumterlaksanaygdirencanakan2016

JPCC Kotakasablanka 

Pada dasarnya orang senang dengan beberapa pembaruan. Contoh saja rambut mengalami beberapa perubahan model. Atau ada juga handphone yang jelas juga mengalami perubahan.

Trend terjadi karena ada sekelompok orang yang membahas dan memblast dan menginginkan trend itu terjadi.

Reimagine hubungan kita dengan keluarga, karir, keuangan, kesehatan dan lainnya. 

Dasar untuk memilih tema reimagine kita adalah Kejadian 15:1-6 (TB)  Kemudian datanglah firman TUHAN kepada Abram dalam suatu penglihatan: "Janganlah takut, Abram, Akulah perisaimu; upahmu akan sangat besar."Abram menjawab: "Ya Tuhan ALLAH, apakah yang akan Engkau berikan kepadaku, karena aku akan meninggal dengan tidak mempunyai anak, dan yang akan mewarisi rumahku ialah Eliezer, orang Damsyik itu." Lagi kata Abram: "Engkau tidak memberikan kepadaku keturunan, sehingga seorang hambaku nanti menjadi ahli warisku." Tetapi datanglah firman TUHAN kepadanya, demikian: "Orang ini tidak akan menjadi ahli warismu, melainkan anak kandungmu, dialah yang akan menjadi ahli warismu."

Lalu TUHAN membawa Abram ke luar serta berfirman: "Coba lihat ke langit, hitunglah bintang-bintang, jika engkau dapat menghitungnya." Maka firman-Nya kepadanya: "Demikianlah banyaknya nanti keturunanmu." Lalu percayalah Abram kepada TUHAN, maka TUHAN memperhitungkan hal itu kepadanya sebagai kebenaran.  

Usia Abram yang masuk ke 80 adalah mustahil untuk memiliki keturunan. Tapi Tuhan membantu Abram agar me-reimagine apa yang mungkin bagi Tuhan maka mungkin terjadi pada Abraham. 

Beberapa terjadi juga dalam hidup kita, masa lalu menghambat kita untuk mencapai perubahan. 

Yesaya 43:18-19 (TB)  firman-Nya: "Janganlah ingat-ingat hal-hal yang dahulu, dan janganlah perhatikan hal-hal yang dari zaman purbakala! Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. 

Jangan hanya excited pada perpindahan Tahun barunya, sementara masuk ke tahun berikutnya kita masih ragu berdasarkan pengalaman sebelumnya. 

Setidaknua ada 3 hal alat yang perlu kita pakai untuk reimagine
1. BERIMAN. Ini alat yang paling perlu ketika membayangkan ulang pencapaian kita. Iman diperlukan ketika keadaan tidak mendukung itu semua.

2. BERGERAK.  Tidak hanya beriman tapi perlu bergerak. Yakobus 2:17 (TB)  Demikian juga halnya dengan iman: Jika iman itu tidak disertai perbuatan, maka iman itu pada hakekatnya adalah mati.

3. BERANI dan KREATIF. Allah kita adalah Allah yang kreatif. 
1 Korintus 16:13-14 (TB)  Berjaga-jagalah! Berdirilah dengan teguh dalam iman! Bersikaplah sebagai laki-laki! Dan tetap kuat! Lakukanlah segala pekerjaanmu dalam kasih!


Jangan jadi bosan dan membosankan. Boredome enters when creativity exits the room, Jefrey Rahmat. 

Roma 12:2 (TB)  Janganlah kamu menjadi serupa dengan dunia ini, tetapi berubahlah oleh pembaharuan budimu, sehingga kamu dapat membedakan manakah kehendak Allah: apa yang baik, yang berkenan kepada Allah dan yang sempurna.

Baca juga versi MSGnya dari Roma 12:2

Pindahkan Fokus kita kepada Pikirannya Tuhan. 

Pikiran Saya.................................................Pikiran Tuhan
Tidak mampu................................................Aku sanggup
2 Korintus 9:8 (TB)  Dan Allah sanggup melimpahkan segala kasih karunia kepada kamu, supaya kamu senantiasa berkecukupan di dalam segala sesuatu dan malah berkelebihan di dalam pelbagai kebajikan.

Kuatir........................................................... Serahkan kekuatiranmu
1 Petrus 5:7 (TB)  Serahkanlah segala kekuatiranmu kepada-Nya, sebab Ia yang memelihara kamu. 

Tidak tahu caranya...................................... Aku akan menuntunmu
Amsal 3:5-6 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri. Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 

Tangan kita tidak lebih hebat dari apa yang kita bisa bayangkan dengan pikiran. Coba terus jangan berkata tidak layak.

Tidak layak diperjuangkan............................Aku turut bekerja
Roma 8:28 (TB)  Kita tahu sekarang, bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah.

Tidak kuat.....................................................Aku akan menguatkan
Filipi 4:13 (TB)  Segala perkara dapat kutanggung di dalam Dia yang memberi kekuatan kepadaku.

Takut.............................................................Aku tidak berikan roh ketakutan.
2 Timotius 1:7 (TB)  Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban.

Mungkin kita akan mengalami kengerian hal hal besar tapi Tuhan berkata jangan takut. 

Pakai Iman kita untuk Bergerak dengan Berani dan Kreatif. 

Yosua 1:9 (TB)  Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke mana pun engkau pergi." 

Baca juga Yosua versi Bahasa Indonesia Sehari.


Nikmati 2018 dengan excitement yang besar karena Allah kita adalah Allah yang besar yang sanggup memenuhi apa yang kita minta menurut kemuliaanNya. 

Happy Sundae :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kaya Di Bumi Kaya Disurga

Kolose 2:3 (TB)  sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.
Masih ingat dulu banyak yang berujar miskin dibumi kaya disurga. Tapi kalau bisa kaya dibumi dan kaya disurga mengapa tidak?
Kaya bukan punya segala-galanya tetapi lebih kepada kemampuan berbagi apapun yang ada ditangannya. 
Miskin adalah senantiasa mengambil meskipun sudah memiliki banyak hal. 
7 pemikiran sederhana berkaitan dengan kaya dibumi dan kaya disurga.

Hidup yang berpengaruh by Alvi Radjagukguk

Kebaktian JPCC di Annex Building setiap minggunya bertambah ramai. Mungkin ini akibat dari jemaat yang tidak tertampung kebaktian di Kota Kasablanka.  Dan Beruntung minggu ini dilayani oleh Ps. Alvi Radjaguguk. Pastinya dalam sesi pengajaran beliau diselingi kisah - kisah lucu. berikut pengajarannya hari ini yang saya catat.  Dibuka dengan Amsal 13:9 (TB)  Terang orang benar bercahaya gemilang, sedangkan pelita orang fasik padam.