Langsung ke konten utama

Menemukan Rancangan Tuhan Dalam Hidup Kita.


Ps Jose Carol

Yusuf sendiri tidak percaya awalnya dan tidak mengetahui ujungnya hingga ia melewati itu semua.

Efesus 2:10 (TB)  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Menemukan rancangan Tuhan dalam hidup kita.

Kejadian 45:4-8 (TB)  Lalu kata Yusuf kepada saudara-saudaranya itu: "Marilah dekat-dekat." Maka mendekatlah mereka. Katanya lagi: "Akulah Yusuf, saudaramu, yang kamu jual ke Mesir. Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu. Karena telah dua tahun ada kelaparan dalam negeri ini dan selama lima tahun lagi orang tidak akan membajak atau menuai. Maka Allah telah menyuruh aku mendahului kamu untuk menjamin kelanjutan keturunanmu di bumi ini dan untuk memelihara hidupmu, sehingga sebagian besar dari padamu tertolong.Jadi bukanlah kamu yang menyuruh aku ke sini, tetapi Allah; Dialah yang telah menempatkan aku sebagai bapa bagi Firaun dan tuan atas seluruh istananya dan sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir.

Diayat awal Yusuf-lah yang mengenalkan dirinya kepada saudara-saudaranya. Ia juga berkata bukan karena saudaranya ia di Mesir tapi karena Tuhan Yusuf  dapat sampai di Mesir. Inilah panggilan hidup Yusuf (pada awalnya ia sendiri pun tidak mengetahuinya).

Yusuf terima mimpi diusia 17 tahun sementara baru sadar panggilannya ketika usia 30 tahunan.

Menemukan Tujuan hidup (Finding Purpose)

1. It's a jouney not a destination. Menemukan tujuan hidup itu adalah sebuah perjalanan bukan sebuah tujuan akhir. 

Perlu perjalanan lama untuk mengerti tujuan tertentu.  Menemukan tujuan dalam hidup kita perlu waktu yang tidak sebentar. 

Kisah Yusuf yang dimulai dengan mimpi Kejadian 37:5 (TB)  Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya. Kejadian 37:7-8 (TB)  Tampak kita sedang di ladang mengikat berkas-berkas gandum, lalu bangkitlah berkasku dan tegak berdiri; kemudian datanglah berkas-berkas kamu sekalian mengelilingi dan sujud menyembah kepada berkasku itu."
Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: "Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?" Jadi makin bencilah mereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu.


Yusuf sendiri tidak percaya awalnya dan tidak mengetahui ujungnya hingga ia melewati itu semua.



2. You may not see cleary at the beginning. Awalnya tidak kelihatan jelas apa yang terjadi di kemudian hari. Tapi setiap hari bertambah jelas.

18 tahun lalu JPCC hanya dimulai dengan 7 kelompok sel dan hari ini sudah ratusan sel tersebut berkembang.

Jalani saja mimpi tersebut nantinya akan jelas. Pertambahan usia akan membuat perspektif kita memandang sesuatu akan berubah. Contoh untuk anak usia 20 tahun, perpespektif hidupnya sebatas siapa saya? Sementara diatas 20-30 tahun,berubah menjadi apa yang saya bisa lakukan? Diatas 30 tahun apa yang terbaik bisa saya lakukan. 

50 tahun  akan berubah lagi, warisan apa yang saya tinggalkan dampak apa yang bisa saya wariskan

3. Start with everything ini your hand. Mulai dari apa yang kamu punya. 

Yusuf tidak diceritakan tamatan dari sekolah mana, tapi ia belajar dari segala hal yang ada ditangannya. Bahkan ketika menjadi budak juga ketika ia dipenjara, Yusuf tetap belajar mengelola yang ada ditangannya,

Mungkin kita memulai dari yang kecil, ketika Tuhan campur tangan, yang kecil itu akan menjadi besar. Kalau Tuhan yang sudah buka pintu manusia tidak ada yang bisa menutupnya. 

4.  God will be at work if you allow Him. Ijinkan Tuhan campur tangan dalam kehidupan kita.  

God will ensure that the imposible becomes possible.

Tanpa kita sadari kita menemukan banyak alasan untuk kemustahilan didepan. Kalau Tuhan sudah bekerja siapapun tidak dapat menghalanginya. 

Amsal 3:5-6 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 

Penting mengetahui panggilan Tuhan dalam kehidupan kita. Meskipun awalnya tidak jelas terlihat, jalani saja terus dan lihat Tuhan bekerja.

Ps Jose menganalogikan jika seseorang yang tidak tahu tujuan hidupnya sementara kekuasaan ada ditangannya. Biasanya yang yang terjadi adalah Abuse. Abuse sendiri berasal dari kata abnormal + use.  Kalau kita tahu tujuan hidup kita maka akan mudah menolak yang datang sesuai dengan tujuan kita. 

5. Fulfillment comes when you meet your purpose
Yohanes 17:4 (TB)  Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. 

Sekelas Ps. Jose beberapa waktu lalu ditawari untuk mengisi acara disalah satu TV lokal dengan tema yang sejalan dengan apa yang ia kuasai dan pahami selami ini. Awalnya ketika pujian dan tawaran itu menghampiri ada rasa gembira bahwa ketekunan akan berbuah manis (dan benar memang) tapi setelah dipikir kembali apakah sejalan dengan tujuan hidup. Hanya PS Jose dan Tuhan yang tahu setiap keputusan yang diambil. 

Mungkin sebagian menyayangkan tapi sebagian lagi bersyukur. Tapi selama itu sejalan dengan tujuan hidup kenapa tidak yakin dengan keputusan yang diambil.

Happy Sundae :)  








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semangat Menyambut 2018 (Reimagine By Jusar Badudu)

Yesaya 43:19 (TB)  Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. 
Tahun baru dilayani Ps Jussar Badudu.  Tema yang baru, Alive memperlengkapi di tahun 2017. Pada sepanjang tahun 2018 kita akan belajar Reimagine. 
Reimagine (membayangkan ulang), membayangkan apa yang akan kita alami di 2018. Kenapa perlu membayangkan ulang, kenapa perlu cara baru? Karena hendak mencapai apa yang perlu capai sesuai yang kita rencanakan. 
Sering orang sukses merubah cara agar mencapai kesuksesan berikutnya. Apalagi beberapa dari kita yang belum berhasil. Bayangkan cara-cara baru untuk mencapai apa yang sudah kita rencanakan.

Kaya Di Bumi Kaya Disurga

Kolose 2:3 (TB)  sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.
Masih ingat dulu banyak yang berujar miskin dibumi kaya disurga. Tapi kalau bisa kaya dibumi dan kaya disurga mengapa tidak?
Kaya bukan punya segala-galanya tetapi lebih kepada kemampuan berbagi apapun yang ada ditangannya. 
Miskin adalah senantiasa mengambil meskipun sudah memiliki banyak hal. 
7 pemikiran sederhana berkaitan dengan kaya dibumi dan kaya disurga.

Hidup yang berpengaruh by Alvi Radjagukguk

Kebaktian JPCC di Annex Building setiap minggunya bertambah ramai. Mungkin ini akibat dari jemaat yang tidak tertampung kebaktian di Kota Kasablanka.  Dan Beruntung minggu ini dilayani oleh Ps. Alvi Radjaguguk. Pastinya dalam sesi pengajaran beliau diselingi kisah - kisah lucu. berikut pengajarannya hari ini yang saya catat.  Dibuka dengan Amsal 13:9 (TB)  Terang orang benar bercahaya gemilang, sedangkan pelita orang fasik padam.