Langsung ke konten utama

Menemukan Rancangan Tuhan Dalam Hidup Kita.


Ps Jose Carol

Yusuf sendiri tidak percaya awalnya dan tidak mengetahui ujungnya hingga ia melewati itu semua.

Efesus 2:10 (TB)  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

Menemukan rancangan Tuhan dalam hidup kita.

Kejadian 45:4-8 (TB)  Lalu kata Yusuf kepada saudara-saudaranya itu: "Marilah dekat-dekat." Maka mendekatlah mereka. Katanya lagi: "Akulah Yusuf, saudaramu, yang kamu jual ke Mesir. Tetapi sekarang, janganlah bersusah hati dan janganlah menyesali diri, karena kamu menjual aku ke sini, sebab untuk memelihara kehidupanlah Allah menyuruh aku mendahului kamu. Karena telah dua tahun ada kelaparan dalam negeri ini dan selama lima tahun lagi orang tidak akan membajak atau menuai. Maka Allah telah menyuruh aku mendahului kamu untuk menjamin kelanjutan keturunanmu di bumi ini dan untuk memelihara hidupmu, sehingga sebagian besar dari padamu tertolong.Jadi bukanlah kamu yang menyuruh aku ke sini, tetapi Allah; Dialah yang telah menempatkan aku sebagai bapa bagi Firaun dan tuan atas seluruh istananya dan sebagai kuasa atas seluruh tanah Mesir.

Diayat awal Yusuf-lah yang mengenalkan dirinya kepada saudara-saudaranya. Ia juga berkata bukan karena saudaranya ia di Mesir tapi karena Tuhan Yusuf  dapat sampai di Mesir. Inilah panggilan hidup Yusuf (pada awalnya ia sendiri pun tidak mengetahuinya).

Yusuf terima mimpi diusia 17 tahun sementara baru sadar panggilannya ketika usia 30 tahunan.

Menemukan Tujuan hidup (Finding Purpose)

1. It's a jouney not a destination. Menemukan tujuan hidup itu adalah sebuah perjalanan bukan sebuah tujuan akhir. 

Perlu perjalanan lama untuk mengerti tujuan tertentu.  Menemukan tujuan dalam hidup kita perlu waktu yang tidak sebentar. 

Kisah Yusuf yang dimulai dengan mimpi Kejadian 37:5 (TB)  Pada suatu kali bermimpilah Yusuf, lalu mimpinya itu diceritakannya kepada saudara-saudaranya; sebab itulah mereka lebih benci lagi kepadanya. Kejadian 37:7-8 (TB)  Tampak kita sedang di ladang mengikat berkas-berkas gandum, lalu bangkitlah berkasku dan tegak berdiri; kemudian datanglah berkas-berkas kamu sekalian mengelilingi dan sujud menyembah kepada berkasku itu."
Lalu saudara-saudaranya berkata kepadanya: "Apakah engkau ingin menjadi raja atas kami? Apakah engkau ingin berkuasa atas kami?" Jadi makin bencilah mereka kepadanya karena mimpinya dan karena perkataannya itu.


Yusuf sendiri tidak percaya awalnya dan tidak mengetahui ujungnya hingga ia melewati itu semua.



2. You may not see cleary at the beginning. Awalnya tidak kelihatan jelas apa yang terjadi di kemudian hari. Tapi setiap hari bertambah jelas.

18 tahun lalu JPCC hanya dimulai dengan 7 kelompok sel dan hari ini sudah ratusan sel tersebut berkembang.

Jalani saja mimpi tersebut nantinya akan jelas. Pertambahan usia akan membuat perspektif kita memandang sesuatu akan berubah. Contoh untuk anak usia 20 tahun, perpespektif hidupnya sebatas siapa saya? Sementara diatas 20-30 tahun,berubah menjadi apa yang saya bisa lakukan? Diatas 30 tahun apa yang terbaik bisa saya lakukan. 

50 tahun  akan berubah lagi, warisan apa yang saya tinggalkan dampak apa yang bisa saya wariskan

3. Start with everything ini your hand. Mulai dari apa yang kamu punya. 

Yusuf tidak diceritakan tamatan dari sekolah mana, tapi ia belajar dari segala hal yang ada ditangannya. Bahkan ketika menjadi budak juga ketika ia dipenjara, Yusuf tetap belajar mengelola yang ada ditangannya,

Mungkin kita memulai dari yang kecil, ketika Tuhan campur tangan, yang kecil itu akan menjadi besar. Kalau Tuhan yang sudah buka pintu manusia tidak ada yang bisa menutupnya. 

4.  God will be at work if you allow Him. Ijinkan Tuhan campur tangan dalam kehidupan kita.  

God will ensure that the imposible becomes possible.

Tanpa kita sadari kita menemukan banyak alasan untuk kemustahilan didepan. Kalau Tuhan sudah bekerja siapapun tidak dapat menghalanginya. 

Amsal 3:5-6 (TB)  Percayalah kepada TUHAN dengan segenap hatimu, dan janganlah bersandar kepada pengertianmu sendiri.Akuilah Dia dalam segala lakumu, maka Ia akan meluruskan jalanmu. 

Penting mengetahui panggilan Tuhan dalam kehidupan kita. Meskipun awalnya tidak jelas terlihat, jalani saja terus dan lihat Tuhan bekerja.

Ps Jose menganalogikan jika seseorang yang tidak tahu tujuan hidupnya sementara kekuasaan ada ditangannya. Biasanya yang yang terjadi adalah Abuse. Abuse sendiri berasal dari kata abnormal + use.  Kalau kita tahu tujuan hidup kita maka akan mudah menolak yang datang sesuai dengan tujuan kita. 

5. Fulfillment comes when you meet your purpose
Yohanes 17:4 (TB)  Aku telah mempermuliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. 

Sekelas Ps. Jose beberapa waktu lalu ditawari untuk mengisi acara disalah satu TV lokal dengan tema yang sejalan dengan apa yang ia kuasai dan pahami selami ini. Awalnya ketika pujian dan tawaran itu menghampiri ada rasa gembira bahwa ketekunan akan berbuah manis (dan benar memang) tapi setelah dipikir kembali apakah sejalan dengan tujuan hidup. Hanya PS Jose dan Tuhan yang tahu setiap keputusan yang diambil. 

Mungkin sebagian menyayangkan tapi sebagian lagi bersyukur. Tapi selama itu sejalan dengan tujuan hidup kenapa tidak yakin dengan keputusan yang diambil.

Happy Sundae :)  








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup yang berpengaruh.

    Setelah beberapa waktu lalu menikmati pertunjukkan musikal BUN dari JPCC , kembali minggu ini berkesempatan kebaktian di JPCC Annex Room, Niko.   Pembukaan langsung diberikan ayat 1 Timotius 4:12 (TB)  Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Minggu ini dilayani langsung oleh Ps. Jose Carol. Pengaruh adalah memiliki kemampuan atau kuasa yang bisa mempengaruhi perilaku atau pendapat orang lain. Jadi hidup ada hanya 2 pilihan, dipengaruhi atau mempengaruhi. Orang yang berpengaruh biasanya memiliki jabatan tinggi, temuan penting, atau adalah sesuatu yang membuat seseorang berbeda dari yang lain. Pengaruh itu harus memiliki indeks dampak pengaruh. 1. Change, dampak dari pengaruh yang menyebabkan seseorang terpengaruh dan berubah 2. Teritori, dampak dari perubahan lintas wilayah. 3. Berapa lama penga

Masih tentang Reimagine. (Ps. Jose Carol)

Ps. Jose Carol  Pengkhotbah 1:9 (TB)  Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari. Kejadian 18:11-14 (TB)  Adapun Abraham dan Sara telah tua dan lanjut umurnya dan Sara telah mati haid. Jadi tertawalah Sara dalam hatinya, katanya: "Akan berahikah aku, setelah aku sudah layu, sedangkan tuanku sudah tua?" Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Abraham: "Mengapakah Sara tertawa dan berkata: Sungguhkah aku akan melahirkan anak, sedangkan aku telah tua? Adakah sesuatu apa pun yang mustahil untuk TUHAN? Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki."  Adakah sesuatu yang mustahil bagi Tuhan. Kondisi Abraham dan Sara  pada sat itu dalam suatu keadaan yang mustahil.  Tahun 2018 adakah sesuatu yang mustahil bagi mimpi dan cita-cita mu, karir dan pekerjaan?

Be the best (Excellent)

Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah.   Akhirnya setelah beberapa minggu istirahat, minggu ini dapat kembali merasakan siraman kasih Tuhan.  Biar agak santai, ambil kebaktian yang ke 2 jam 10.30 di Hotel Niko. Yess, dilayani oleh Ps Jefrey Rahmat.  Dibuka dengan ayat Titus 3:14 (TB)  Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah. Kalau saja di negeri ini banyak diisi oleh orang-orang excellent. Kebanyakan orang senang berada diarea rata- rata. Sementara excellent berada Jauh diatas rata-rata.