Langsung ke konten utama

Diciptakan untuk sebuah tujuan.



Pertanyaan yang perlu kita tanya, who am i here for? Hal ini untuk mengerti tujuan kita buat Tuhan.

Awal kebaktian dibuka dengan ayat Wahyu 4:11 (TB)  "Ya Tuhan dan Allah kami, Engkau layak menerima puji-pujian dan hormat dan kuasa; sebab Engkau telah menciptakan segala sesuatu; dan oleh karena kehendak-Mu semuanya itu ada dan diciptakan."

beruntung minggu ini dilayani oleh Ps Alvi Radjaguguk, ia memberikan judul khotbah minggu ini  Created for a purpose (diciptakan untuk sebuah tujuan)

Tuhan menciptakan segala sesuatu untuk tujuannya masing-masing. Amsal 16:4 (TB)  TUHAN membuat segala sesuatu untuk tujuannya masing-masing, bahkan orang fasik dibuat-Nya untuk hari malapetaka. 

Kita semua diciptakan berkontribusi untuk tujuan Tuhan. Dan porsi kita untuk mengenalinya begitu jelas. 

Kita baru benar benar hidup ketika tahu kita diciptakan dengan sengaja. Kita bukan produk gagal atau bukan produk kecelakaan. We are not victim but we are victory, kita pemenang bukan pecundang. 

Tidak banyak juga dari kita yang menyakiti orang lain karena merasa tersakiti dulunya. 

Banyak dari kita yang hidup secara autopilot mengalir ngga jelas dan sudah pasrah bahwa memang sudah begitu hidup seharusnya.

Filosofi air mengalir ke bawah dan ini salah, harusnya filosofi air mengalir ke atas, menjadi air mancur. 

Menyadari bahwa hidup kita penuh tujuan.
1. Know who you are in Christ. Observasi pribadi ada 2 hal,  Identitas diri  dan tidak mau mengampuni, dua hal tadi membuat kita gagal move on dan mengerti tujuan hidup.

Iblis selalu mencobai melalui pembuktian akan kasih Tuhan kepada kita. Jangan sampai karena ketidakpahaman diri kita di depan Tuhan akan membuat kita meminta pembuktian diri selama hidup. Dan akan habis waktu untuk mencari pembuktian dan mengabaikan tujuan hidup kita yang sebenarnya. Dan mengenal siapa diri kita di mata Tuhan adalah sebuah dasar yang harus kuat. 

Ada 2 hal yang patut di syukuri, pertama tidak lahir di zaman milenial,  lahir di zaman media sosial. Di zaman ini sering membanding-bandingkan diri. 

Yesaya 43:1 (TB)  "Janganlah takut, sebab Aku telah menebus engkau, Aku telah memanggil engkau dengan namamu, engkau ini kepunyaan-Ku.

Yeremia 1:5 (TB)  "Sebelum Aku membentuk engkau dalam rahim ibumu, Aku telah mengenal engkau, dan sebelum engkau keluar dari kandungan, Aku telah menguduskan engkau, Aku telah menetapkan engkau menjadi nabi bagi bangsa-bangsa." 

Yeremia 29:11 (TB)  Sebab Aku ini mengetahui rancangan-rancangan apa yang ada pada-Ku mengenai kamu, demikianlah firman TUHAN, yaitu rancangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan.

Efesus 2:10 (TB)  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

2. Purpose is about serving not getting. Hidup kita diciptakan bukan untuk jawaban doa kita saja, ada hal yang jauh melebihi itu.

Kalau dalam mitologi getting pastinya akan selalu merasa tidak puas,  udah nich hanya segini aja. My life is eventually never about me.

Kita harus berhenti bertanya apa untungnya buat saya. Segala tujuan akan berputar tentang saya saja.

Pertanyaan yang perlu kita tanya, who am i here for? Hal ini untuk mengerti tujuan kita buat Tuhan.
Kolose 1:16 (TB)  karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia. 

Kita tidak menggunakan Tuhan untuk menggenapi tujuan hidup kita tapi Tuhan yang pakai hidup kita untuk recanaNya. 


The point of purpose  is to determine how you will serve  others.If you dont have a plan to serve you dont need  a purpose.

3. Do Smallthings Faithfully. Lakukan hal kecil dengan setia.  Lukas 16:10 (TB)  "Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar.

Lakukan dari hal kecil yang dimiliki tangan kita. Hanya orang yang beriman yang bisa setia. Setia, tetap melakukan mesti tidak mendapat pujian. Setia itu berproses meskipun seolah-olah tidak ada kemajuan.

Jangan kejar apa yang bisa datang sendiri. Tapi kejar sesuatu yang tidak datang dengan sendiri.

Tanpa purpose hidup tidak akan berarti kita tidak akan menggenapi alasan kenapa kita diciptakan.

Purpose adalah sebuah sarana untuk mencapai sebuah tujuan akhir. Purpose is a path to a meaning. No purpose no meaning.

Untuk bahan diskusi.

1.Sumber daya mana yang paling saya sulit berikan untuk orang lain? 

2. Tindakan apa yang saya ambil untuk mulai melayani?

3. Apa  yang perlu saya lakukan untuk meningkatkan pelayanan saya?

Happy Sunday, GBU



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Semangat Menyambut 2018 (Reimagine By Jusar Badudu)

Yesaya 43:19 (TB)  Lihat, Aku hendak membuat sesuatu yang baru, yang sekarang sudah tumbuh, belumkah kamu mengetahuinya? Ya, Aku hendak membuat jalan di padang gurun dan sungai-sungai di padang belantara. 
Tahun baru dilayani Ps Jussar Badudu.  Tema yang baru, Alive memperlengkapi di tahun 2017. Pada sepanjang tahun 2018 kita akan belajar Reimagine. 
Reimagine (membayangkan ulang), membayangkan apa yang akan kita alami di 2018. Kenapa perlu membayangkan ulang, kenapa perlu cara baru? Karena hendak mencapai apa yang perlu capai sesuai yang kita rencanakan. 
Sering orang sukses merubah cara agar mencapai kesuksesan berikutnya. Apalagi beberapa dari kita yang belum berhasil. Bayangkan cara-cara baru untuk mencapai apa yang sudah kita rencanakan.

Kaya Di Bumi Kaya Disurga

Kolose 2:3 (TB)  sebab di dalam Dialah tersembunyi segala harta hikmat dan pengetahuan.
Masih ingat dulu banyak yang berujar miskin dibumi kaya disurga. Tapi kalau bisa kaya dibumi dan kaya disurga mengapa tidak?
Kaya bukan punya segala-galanya tetapi lebih kepada kemampuan berbagi apapun yang ada ditangannya. 
Miskin adalah senantiasa mengambil meskipun sudah memiliki banyak hal. 
7 pemikiran sederhana berkaitan dengan kaya dibumi dan kaya disurga.

Masih tentang Reimagine. (Ps. Jose Carol)

Pengkhotbah 1:9 (TB)  Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari.
Kejadian 18:11-14 (TB)  Adapun Abraham dan Sara telah tua dan lanjut umurnya dan Sara telah mati haid. Jadi tertawalah Sara dalam hatinya, katanya: "Akan berahikah aku, setelah aku sudah layu, sedangkan tuanku sudah tua?" Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Abraham: "Mengapakah Sara tertawa dan berkata: Sungguhkah aku akan melahirkan anak, sedangkan aku telah tua?Adakah sesuatu apa pun yang mustahil untuk TUHAN? Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki." 
Adakah sesuatu yang mustahil bagi Tuhan. Kondisi Abraham dan Sara  pada sat itu dalam suatu keadaan yang mustahil. 
Tahun 2018 adakah sesuatu yang mustahil bagi mimpi dan cita-cita mu, karir dan pekerjaan?