Langsung ke konten utama

The Anointing (Pengurapan)



Masuk bulan September 2017 tema yang diangkat adalah Pengurapan sejalan  dengan thema tahunan ALIVE. 

Minggu ini dilayani Ps. Jefrey Rahmat, di Kotakasablanka, Pengurapan sendiri diberikan bagi mereka yang menjadi Nabi atai Raja. Kepala mereka diminyaki sebagai simbol agar mampu menjalankan tugas yang dibebankan kepada mereka dan juga simbol penunjukkan Tuhan atas mereka.

Pengurapan juga sebagai tanda dimulainya pekerjaan roh kudus atas orang yang diurapi tersebut. 

1 Samuel 10 ayat 1 sampai 7 sedikit bercerita tentang pengurapan.  Atau diayat lainnya 1 Samuel 16:12-13 (TB)  Kemudian disuruhnyalah menjemput dia. Ia kemerah-merahan, matanya indah dan parasnya elok. Lalu TUHAN berfirman: "Bangkitlah, urapilah dia, sebab inilah dia."  Samuel mengambil tabung tanduk yang berisi minyak itu dan mengurapi Daud di tengah-tengah saudara-saudaranya. Sejak hari itu dan seterusnya berkuasalah Roh TUHAN atas Daud. Lalu berangkatlah Samuel menuju Rama.

Pengurapan sebagai simbol atas kemampuan yang diberikan Tuhan melalui Roh Kudus agar orang yang diurapi mampu melaksanakan tugas yang diberikan.

Kenapa pengurapan dilakukan? Hal ini diibaratkan seragam. Seperti seorang polisi, ia berhak mendapatkan sepasang seragam dan dengan seragam tersebut datang otoritas, wewenang, kekuatan dan perlindungan. 

Ketika menggunakan seragamnya seolah-olah ia berubah menjadi manusia lain yang memiliki wewenang berbeda. 

Kita harus paham, sama dengan pengurapan kekuatan bukan diminyaknya. Tapi ada di institusinya karena berkaitan dengan Tuhan sendiri, kerajaan Allah itu sendiri. 

Daud mengerti betul tentang arti pengurapan. Bahkan Daud mengerti betul bawah ketika ia punya kesempatan membunuh Saul tidak ia lakukan karena Daud tahu Saul diurapi Tuhan. 

Mazmur 105:15 (TB)  "Jangan mengusik orang-orang yang Kuurapi, dan jangan berbuat jahat kepada nabi-nabi-Ku!"

Pengurapan akan merubah yang tidak mungkin menjadi mungkin.

Contoh pengurapan salah satunya ada dalam  Hakim-hakim 14:5-6 (TB)  Lalu pergilah Simson beserta ayahnya dan ibunya ke Timna. Ketika mereka sampai ke kebun-kebun anggur di Timna, maka seekor singa muda mendatangi Simson dengan mengaum. Pada waktu itu berkuasalah Roh TUHAN atas dia, sehingga singa itu dicabiknya seperti orang mencabik anak kambing — tanpa apa-apa di tangannya. Tetapi tidak diceritakannya kepada ayahnya atau ibunya apa yang dilakukannya itu.

Pengurapan memberikan kemenangan Mazmur 20:6 (TB)  (20-7) Sekarang aku tahu, bahwa TUHAN memberi kemenangan kepada orang yang diurapi-Nya dan menjawabnya dari sorga-Nya yang kudus dengan kemenangan yang gilang-gemilang oleh tangan kanan-Nya.

Pengurapan diberikan agar mampu menjalankan tugas yang diberikan Tuhan dan mampu melayani orang lain. 

1 Petrus 2:9-10 (TB)  Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbuatan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terang-Nya yang ajaib: kamu, yang dahulu bukan umat Allah, tetapi yang sekarang telah menjadi umat-Nya, yang dahulu tidak dikasihani tetapi yang sekarang telah beroleh belas kasihan.

Yesus Kristus artinya yang diurapi. Kita declare sebagai pengikut kristus berarti declare sebagai yang diurapi. 

1 Yohanes 2:20 (TB)  Tetapi kamu telah beroleh pengurapan dari Yang Kudus, dan dengan demikian kamu semua mengetahuinya.

Efesus 2:10 (TB)  Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalamnya.

***
Kita sudah mempunyai panggilan dan sudah diurapi atas panggilan tersebut. 

Jangan berfikir sedikitipun juga bahwa segala sesuatu bisa diperbuat kalau tidak ada pengurapan dan penyertaan Tuhan. 

Banyak dari kita berfikir melayani Tuhan hanya di gereja. Oooo tidak, Tuhan dapat mengurapi pelayanan tidak melulu dan hanya di gereja.

Itu sebabnya perlu mengetahui apa panggilan Tuhan atas hidup kita. 

Contoh panggilan Tuhan tidak hanya di gereja ssja Keluaran 31:1-5 (TB)  Berfirmanlah TUHAN kepada Musa:"Lihat, telah Kutunjuk Bezaleel bin Uri bin Hur, dari suku Yehuda, 
dan telah Kupenuhi dia dengan Roh Allah, dengan keahlian dan pengertian dan pengetahuan, dalam segala macam pekerjaan, untuk membuat berbagai rancangan supaya dikerjakan dari emas, perak dan tembaga; untuk mengasah batu permata supaya ditatah; untuk mengukir kayu dan untuk bekerja dalam segala macam pekerjaan.

Ada orang yang Tuhan panggil untuk aktif di dunia entertainment atau ada yang dipanggil di dunia politik. 

Mari kita temukan dan sadari panggilan kita masing-masing dan terima pengurapan Tuhan. 

Dan ini adalah adalah sedikit pengantar untuk apa yang akan disampaikan bulan ini. 


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Hidup yang berpengaruh.

    Setelah beberapa waktu lalu menikmati pertunjukkan musikal BUN dari JPCC , kembali minggu ini berkesempatan kebaktian di JPCC Annex Room, Niko.   Pembukaan langsung diberikan ayat 1 Timotius 4:12 (TB)  Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu. Minggu ini dilayani langsung oleh Ps. Jose Carol. Pengaruh adalah memiliki kemampuan atau kuasa yang bisa mempengaruhi perilaku atau pendapat orang lain. Jadi hidup ada hanya 2 pilihan, dipengaruhi atau mempengaruhi. Orang yang berpengaruh biasanya memiliki jabatan tinggi, temuan penting, atau adalah sesuatu yang membuat seseorang berbeda dari yang lain. Pengaruh itu harus memiliki indeks dampak pengaruh. 1. Change, dampak dari pengaruh yang menyebabkan seseorang terpengaruh dan berubah 2. Teritori, dampak dari perubahan lintas wilayah. 3. Berapa lama penga

Hidup yang berpengaruh by Alvi Radjagukguk

Alvi Radja Gukguk Kebaktian JPCC di Annex Building setiap minggunya bertambah ramai. Mungkin ini akibat dari jemaat yang tidak tertampung kebaktian di Kota Kasablanka.  Dan Beruntung minggu ini dilayani oleh Ps. Alvi Radjaguguk. Pastinya dalam sesi pengajaran beliau diselingi kisah - kisah lucu. berikut pengajarannya hari ini yang saya catat.  Dibuka dengan Amsal 13:9 (TB)  Terang orang benar bercahaya gemilang, sedangkan pelita orang fasik padam.

Masih tentang Reimagine. (Ps. Jose Carol)

Ps. Jose Carol  Pengkhotbah 1:9 (TB)  Apa yang pernah ada akan ada lagi, dan apa yang pernah dibuat akan dibuat lagi; tak ada sesuatu yang baru di bawah matahari. Kejadian 18:11-14 (TB)  Adapun Abraham dan Sara telah tua dan lanjut umurnya dan Sara telah mati haid. Jadi tertawalah Sara dalam hatinya, katanya: "Akan berahikah aku, setelah aku sudah layu, sedangkan tuanku sudah tua?" Lalu berfirmanlah TUHAN kepada Abraham: "Mengapakah Sara tertawa dan berkata: Sungguhkah aku akan melahirkan anak, sedangkan aku telah tua? Adakah sesuatu apa pun yang mustahil untuk TUHAN? Pada waktu yang telah ditetapkan itu, tahun depan, Aku akan kembali mendapatkan engkau, pada waktu itulah Sara mempunyai seorang anak laki-laki."  Adakah sesuatu yang mustahil bagi Tuhan. Kondisi Abraham dan Sara  pada sat itu dalam suatu keadaan yang mustahil.  Tahun 2018 adakah sesuatu yang mustahil bagi mimpi dan cita-cita mu, karir dan pekerjaan?