Langsung ke konten utama

Kenali Pribadi Roh Kudus dan Peka akan Tuntunannya.


Kita dituntut untuk belajar  mengenal pribadi roh kudus dan semakin peka akan tuntunannya.

Kegiatan akhir tahun lanjut ke awal tahun lumayan padat, tapi baru selesai menuliskan peengalaman beberapa maskapai aja. Memang sich pengalaman naik pesawat selalu menyenangkan meskipun sudah beberapa kali, beberapa maskapai yang masuk dalam catatan saya beberapa waktu lalu itu ada maskapai Citilink dan dilanjut dengan Lion Air

Masuk kantor langsung lanjut dengan kegiatan yang ada, pokokonya awal tahun ini lummayan seru, riweuh tapi tetap menyenangkan.

Nah akhirnya baru bisa kembali beribadah normal itu minggu ini di JPCC Kota Kasablanka. Sepertinya setia minggu pertambahan jemaatnya luar biasa, semakin banyak saja yang berkunjung ke JPCC. Semoga ini bukan warning bagi gereja-gereja lokal yang berada disekitarnya.

Ok langsung aja ke catatan yang berhasil saya rangkum untuk ibadah kali ini ya. Untuk pelayanan firman Tuhannya dilayani oleh Ps. Jefrey Rahmat

Yohanes 14:6 (TB)  Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Yohanes 14:1-6 (TB)  "Janganlah gelisah hatimu; percayalah kepada Allah, percayalah juga kepada-Ku.Di rumah Bapa-Ku banyak tempat tinggal. Jika tidak demikian, tentu Aku mengatakannya kepadamu. Sebab Aku pergi ke situ untuk menyediakan tempat bagimu. Dan apabila Aku telah pergi ke situ dan telah menyediakan tempat bagimu, Aku akan datang kembali dan membawa kamu ke tempat-Ku, supaya di tempat di mana Aku berada, kamu pun berada.Dan ke mana Aku pergi, kamu tahu jalan ke situ."

Kata Tomas kepada-Nya: "Tuhan, kami tidak tahu ke mana Engkau pergi; jadi bagaimana kami tahu jalan ke situ?"

Kata Yesus kepadanya: "Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.

Kekristenan dimulai ketika mengenal Yesus sebagai jalan keselamatan. Roma 10:9-10 (TB)  Sebab jika kamu mengaku dengan mulutmu, bahwa Yesus adalah Tuhan, dan percaya dalam hatimu, bahwa Allah telah membangkitkan Dia dari antara orang mati, maka kamu akan diselamatkan. Karena dengan hati orang percaya dan dibenarkan, dan dengan mulut orang mengaku dan diselamatkan.

Ini ayat yang juga  menyatakan kalau mati kita sudah tahu akan kemana tujuannya.

Kekristenan jangan berhenti hanya sebatas mengenal jalan keselamatan (Yesus) itu sendiri.
Tapi kita harus mengenal Yesus juga sebagai kebenaran. Yesus sendiri adalah firman yang menjadi manusia.


Pesannya adalah belajar mengenal Yesus sebagai kebenaran.

Yohanes 8:31-32 (TB)  Maka kata-Nya kepada orang-orang Yahudi yang percaya kepada-Nya: "Jikalau kamu tetap dalam firman-Ku, kamu benar-benar adalah murid-Ku dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu."

Yesaya 32:17 (TB)  Di mana ada kebenaran di situ akan tumbuh damai sejahtera, dan akibat kebenaran ialah ketenangan dan ketenteraman untuk selama-lamanya.

Banyak yang hanya berhenti ketika mengenal Yesus sebagai jalan tetapi sedikit yang mengenalnya sebagai kebenaran.

Akibatnya kita sering menjadi orang-orang seperti tokoh Martha di Alkitab bukan sebagai Maria yang duduk memperhatikan Tuhan Yesus.

Sebelum Zaman digital kebanyakan kita membawa Alkitab dalam bentuk buku yang tebal. Sekarang zaman sudah berubah menjadi serba digital menjadi serba mudah.

Tapi tetap saja kan banyak kita yang tidak membacanya meskipun sudah dipermudah. Kalau dulu alasannya alkitab tebal sekarang sudah ringkas, tapi tetap saja. Ini yang namanya tidak mengenal Tuhan sebagai kebenaran hanya sebagai keselammatan.

Amsal 11:19 (TB)  Siapa berpegang pada kebenaran yang sejati, menuju hidup, tetapi siapa mengejar kejahatan, menuju kematian.

Amsal 12:28 (TB)  Di jalan kebenaran terdapat hidup, tetapi jalan kemurta dan menuju maut.

Lanjut dengan pembahasan mengenai Hidup dalam versi kitab.

Lukas 8:14 (TB)  Yang jatuh dalam semak duri ialah orang yang telah mendengar firman itu, dan dalam pertumbuhan selanjutnya mereka terhimpit oleh kekuatiran dan kekayaan dan kenikmatan hidup, sehingga mereka tidak menghasilkan buah yang matang.

Matius 16:25 (TB)  Karena barangsiapa mau menyelamatkan nyawanya, ia akan kehilangan nyawanya; tetapi barangsiapa kehilangan nyawanya karena Aku, ia akan memperolehnya.

Setidaknya Ps Jefrey menjelaskan ada 3 tipe Hidup yaitu Bios, Psusche dan Zoe. (bagian ini ngga sempat dicatat, nanti kalau sempat nonton videonya dan ada penjelasannya kita bahas lagi.)

Tema JPCC Sendiri tahun ini adalah Alive. Tidak mau hanya sebatas berhenti dijalan tapi lebih kepada menemukan hidup yang sesungguhnya.

Yohanes 14:16-17 (TB)  Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu.

Allah memberikan Roh Kudusnya karena Ia tahu kita manusia butuh pertolongan. Roh kudus sendiri tidak hanya menyertai kita tapi tinggal didalam kita.

Intinya bukan dengan kekuatan kita sendiri mengenal Tuhan. Tapi lebih kepada Tuhan yang mau dikenal oleh kita manusia.

Kita dituntut untuk belajar  mengenal pribadi roh kudus dan semakin peka akan tuntunannya.

Yohanes 6:63 (TB)  Rohlah yang memberi hidup, daging sama sekali tidak berguna. Perkataan-perkataan yang Kukatakan kepadamu adalah roh dan hidup.

Berapa banyak dari kita yang menggunakan ayat alkitab hanya untuk kepentingan dirinya sendiri. Ini perilaku ketika hanya mengenal Tuhan sebagai juruselamat tapi tidak mengenal Tuhan sebagai Kebenaran.

Iblis pandai sekali memplesetkan firman Tuhan.

***
Ok, tahun ini harus lebih mengenal Tuhan sebagai Kebenaran tidak hanya sebagai Jalan Keseleamatan saja.

Lebih mendengar apa yang hendak Roh Kudus sampaikan dan lebih berserah kepada perencanaan dan kerja Tuhan daripada rencana kita pribadi.

Happy sunday. GBU 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Masih tentang Tujuan Hidup

Semakin sibuk memikirkan diri sendiri semakin sulit menemukan Pupose. Karena tujuan hidup kita selalu memenuhi dan melayani orang banyak.  Efesus 4:23-24 (TB)  supaya kamu dibaharui di dalam roh dan pikiranmu,  dan mengenakan manusia baru, yang telah diciptakan menurut kehendak Allah di dalam kebenaran dan kekudusan yang sesungguhnya.  Purpose by Ps. Jefrey Rahmat. Siapakah saya sebenarnya? Apa potensi hidup saya? Kemana saya pergi? Apa tujuan dalam hidup saya? Atau kenapa saya dilahirkan? Biasanya muncul ketika mentok dengan permasalahan yang besar. Apa tujuan dan alasan kenapa kita dilahirkan? Kenapa saya ada? Kenapa...kenapa dan kenapa? Penting bagi kita untuk mengetahui mengapa, bukan sekedar meniru tapi mengapa sesuatu itu terjadi. Itu akan membawa pengertian kepada kita yang mencarinya. Kita dilahirkan dengan tujuan.  Atau ada rencana yang tertulis untuk kita.  Alasan kita ada hari ini karena Tuhan memiliki rencana atas kita. Kita mungkin tida

Harta Yang Sesungguhnya

Harta duniawi membawa kita kepada Perhambaan sementara harta sesungguhnya membawa kita mendekat kepada Tuhan. Matius 6:20-21 (TB)  Tetapi kumpulkanlah bagimu harta di sorga; di sorga ngengat dan karat tidak merusakkannya dan pencuri tidak membongkar serta mencurinya. Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada. Kemajuan teknologi seringkali membuat salah kaprah dalam menentukan prioritas. Kita lebih menjunjung tinggi uang dan karir melebihi hubungan. Sehingga hubungan keluarga dan pertemenan terabaikan begitu saja.  #YOLO You Only Live Once  Kita lebih mencari stimulasi adrenalin ketimbang damai sejahtera. Kita dikondisikan menjunjung happines yang sifatnya external dan situasional ketimbang kedamaian  yang datang dari dalam.  Kita seperti dikondisikan mencari sesuatu yang instan bukan proses. Bukan semua yang lebih cepat itu lebih baik.  Kita dipaksakan memiliki segala sesuatu yang kekinian. Kita tidak pernah diajarkan belajar kata cuku

Be the best (Excellent)

Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah.   Akhirnya setelah beberapa minggu istirahat, minggu ini dapat kembali merasakan siraman kasih Tuhan.  Biar agak santai, ambil kebaktian yang ke 2 jam 10.30 di Hotel Niko. Yess, dilayani oleh Ps Jefrey Rahmat.  Dibuka dengan ayat Titus 3:14 (TB)  Dan biarlah orang-orang kita juga belajar melakukan pekerjaan yang baik untuk dapat memenuhi keperluan hidup yang pokok, supaya hidup mereka jangan tidak berbuah. Kalau saja di negeri ini banyak diisi oleh orang-orang excellent. Kebanyakan orang senang berada diarea rata- rata. Sementara excellent berada Jauh diatas rata-rata.